View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII C Di SMP Negeri 1 Arjasa Situbondo Tahun Pelajaran 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (3.890Mb)
    Date
    2024-08-19
    Author
    Huril, Ainiyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Think Pair Share adalah suatu usaha untuk memperoleh pemahaman akan hakikat dari suatu konsep atau prinsip atau keterampilan tertentu melalui proses kegiatan atau latihan yang melibatkan indera pendengaran, dan mendorong siswa untuk meningkatkan semangat kerja sama. Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya guru menggunakan metode pembelajaran ketika proses belajar mengajar, yang kebanyakan guru masih menggunakan metode ceramah, sehingga masih banyak siswa yang kurang faham dengan apa yang disampaikan guru dan siswa kurang berinteraksi dalam kelompok-kelompok kecil untuk mengerjakan tugas yang ingin dicapai. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: Apakah model Cooperative Learning tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII C di SMP Negeri 1 Arjasa Situbondo tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan: untuk mendeskripsikan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share pada mata pelajaran PAI kelas VIII C di SMP Negeri 1 Arjasa Situbondo Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis Kualitatif dan Kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Cooperative Learning tipe Think Pair Share pada mata pelajaran PAI kelas VIII C di SMP Negeri 1 Arjasa Situbondo berlangsung dengan sangat baik serta dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa. Dengan hasil belajar siswa yang meningkat, dapat dilihat dari pra siklus 40%, siklus I 68%, siklus II 90%
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/102
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV