Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII C Di SMP Negeri 1 Arjasa Situbondo Tahun Pelajaran 2023/2024
Abstract
Think Pair Share adalah suatu usaha untuk memperoleh pemahaman akan hakikat dari suatu konsep atau prinsip atau keterampilan tertentu melalui proses kegiatan atau latihan yang melibatkan indera pendengaran, dan mendorong siswa untuk meningkatkan semangat kerja sama. Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya guru menggunakan metode pembelajaran ketika proses belajar mengajar, yang kebanyakan guru masih menggunakan metode ceramah, sehingga masih banyak siswa yang kurang faham dengan apa yang disampaikan guru dan siswa kurang berinteraksi dalam kelompok-kelompok kecil untuk mengerjakan tugas yang ingin dicapai. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: Apakah model Cooperative Learning tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII C di SMP Negeri 1 Arjasa Situbondo tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan: untuk mendeskripsikan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share pada mata pelajaran PAI kelas VIII C di SMP Negeri 1 Arjasa Situbondo Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis Kualitatif dan Kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Cooperative Learning tipe Think Pair Share pada mata pelajaran PAI kelas VIII C di SMP Negeri 1 Arjasa Situbondo berlangsung dengan sangat baik serta dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa. Dengan hasil belajar siswa yang meningkat, dapat dilihat dari pra siklus 40%, siklus I 68%, siklus II 90%
