| dc.description.abstract | Dukungan Orang tua sangatlah dibutuhkan bagi seorang anak. Khususnya anak yang sedang melakukan sebuah hafalan juz amma. Keluarga disini mempunyai beberapa bentuk, yakni dukungan sebagai informasis, dukungan penilaian, dukungan emosional, dan instrumental. Serta orang tua juga berperan sebagai panutan, motivator, pembimbing, manager anak serta sebagai fasilitator. Ada beberapa oknum yang terkait diantaranya adalah pihak dari Keluarga, yang terdiri dari seorang ayah dan ibu. Penelitian disini bersifat kualitatif dengan melakukan pengumpulan data yang dilakukan melalui hasil wawancara, observasi serta dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja bentuk dukungan orang tua dan bentuk pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hafalan juz amma di SD Ibrahimy. Hasil penelitian disini menunjukkan bahwasanya orang tua sangat berpengaruh dalam perkembangan anak, khususnya dalam proses menghafal juz amma. Didalam menghafalkan juz amma, tentu terdapat beberapa hambatan yang terdiri dari faktor internal dan eksternal. Kendala orang tua sebagai penghambat adalah kemalasan dan adanya gadget. Serta pendukung lainya adalah faktor internal, adanya motivasi dalam diri anak dan membiasakan anak mendengarkan lafadz-lafadz Al-Qur’an. Kemudian orang tua juga yang menjadi adanya pendukung anak dalam hafalan juz amma. Faktor eksternalnya adalah adanya lingkungan sekolah dan juga teman. | en_US |