Penerapan Metode Student Facilitator and Explaining dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Kelas VIII Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Studi Kasus Di MTS Sunan Ampel Sumberkima Bali Tahun Pelajaran 2023/2024)
Abstract
Tujuan khusus penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan Metode Student Facilitator And Explaining dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. Sunan Ampel Sumberkima Bali Tahun Ajaran 2023-2024. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kreatifitas guru terhadap metode-metode pembelajaran dan kebanyakan hanya menggunakan metode tradisional yaitu ceramah saja yang mana metode ini masih menoton terhadap guru. Sehingga kurangnya peran siswa dikelas, yang mengakibatkan tidak sedikit siswa yang mengantuk, ngobrol, dan tidak konsentrasi bahkan siswa cendrung jenuh dan bosan saat pembelajaran berlangsung. Sehingga tidak tercipta suasana keaktifan belajar pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang menggunakan metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining yang dilaksanakan dalam dua siklus yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan keaktifan belajar siswa. Metode pengumpulan hasil data yang diperoleh dengan menggunakan lembar observasi keaktifan belajar siswa. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase hasil penelitian yang diperoleh pada pra siklus sebesar 44%, kemudian pada siklus I 70%, pada siklus ke II meningkat menjadi 87%. penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan metode Student Facilitator and Explaining ini dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
