View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Menumbuhkan Kerukunan antar Siswa Muslim-Kristen pada Pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Guntur Demak Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (3.901Mb)
    Date
    2024-08-26
    Author
    Manzilatul Aula, Milfia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menumbuhkan kerukunan antar siswa muslim-kristen pada Pelajaran PAI bukan hal yang mudah untuk dilakukan akan tetapi banyak upaya yang harus dijalani secara hati hati, salah satunya dengan cara menerapkan Pendidikan multikultural. SMA Negeri 1 Guntur merupakan sekolah yang memiliki siswa beragama islam dan Kristen, akan tetapi keberlangsungan kegiatan yang ada disana tetap bisa rukun, damai dan tentram. Untuk itu penulis melakukan penelitian lebih lanjut mengenai kerukunan antar siswa dan implementasi Pendidikan multikultural serta faktor yang menjadi pendukung terlaksananya penerapan Pendidikan multikultural dalam menumbuhkan kerukunan antar siswa di SMA Negeri 1 Guntur. Untuk melihat masalah diatas, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah peneliti memperoleh data dari hasil wawancara, data-data dokumentasi, dan beberapa data otentik, maka peneliti dalam menganalisa data tersebut menggunakan tiga jenis data yaitu: 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan kesimpulan. Metode yang akan diuji dengan menggunakan triangulasi yaitu ada tiga: 1) Triangulasi sumber, 2) Triangulasi Teknik, 3) Triangulasi waktu. Hasil penelitian menyatakan bahwa kerukunan antar siswa di SMA Negeri 1 Guntur dapat dikatakan sudah baik. Beberapa bentuk kerukunan dapat terealisasikan dengan adanya sikap saling menghargai, adanya kerjasama, adanya toleransi yang baik, tidak adanya deskriminasi. Faktor yang menjadi pendukung pendidikan multikultural untuk kerukunan siswa multiagama yaitu dengan adanya keteladanan guru PAI, dorongan dari guru, dukungan dari komite sekolah, kepala sekolah, guru dan karyawan.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/107
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV