| dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengeksplor etnomatematika wisata Rowo Bayu dan relevansinya terhadap pembelajaran matematika geometri di sekolah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Subjek dalam penelitian ini adalah juru kunci dan pengelola tempat wisata. Data penelitian diperoleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, pengujian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa konsep geometri pada bangunan di wisata Rowo Bayu, yaitu gapura, gazebo, candi, pertapaan, kolam renang, alas tiang bendera dan pintu masuk tempat wisata. Konsep-konsep tersebut berupa konsep bangun datar segitiga, persegi, persegi panjang, trapesium, lingkaran, segi lima dan garis lengkung. Konsep bangun datar tersebut relevan dengan pembelajaran matematika di sekolah tingkat dasar (SD). Temuan konsep lain berupa bangun ruang balok, tabung, limas segiempat dan prisma segitiga. Konsep bangun ruang tersebut relevan dengan pembelajaran matematika di sekolah menengah (SMP). | en_US |