Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif melalui Tipe TGT terhadap Minat dan Motivasi Belajar pada Siswa di SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Tipe TGT Terhadap Minat Dan Motivasi Belajar Pada Siswa Di SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pra Experimental jenis kuantitatif dengan design The One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dari penelitian ini adalah kelas VIII dengan jumlah 36 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonrandomized atau tidak secara random dan peniliti hanya mengambil satu kelas VIII-1 sebanyak 18 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes yang berbentuk essay dan angket. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil bahwa minat dan motivasi belajar siswa SMPN 1 Raas sesudah menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TGT lebih tinggi dari pada sebelum menggunakan model tersebut. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata pretest ke posttest yaitu dari 75,44 menjadi 84,72. Minat dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model kooperatif tipe TGT mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 9,72. Berdasarkan uji-t dapat dilihat bahwa thitung
