Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Tradisional Gamelan dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Matematika
Abstract
Etnomatematika dalam pendidikan matematika merupakan bidang studi baru yang sangat potensial karena dapat melakukan inovasi terbaru dengan tujuan untuk mengenalkan budaya masyarakat Indonesia kepada peserta didik dan bisa dijadikan sebagai media pembelajaran. Gamelan adalah sebuah alat musik tradisional yang menjadi budaya Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menarik minat belajar siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan etnomatematika yang digabungkan dengan budaya dan masih kurang tahunya siswa bahwa alat musik tradisional gamelan bisa dijadikan alat pembelajaran dalam materi geometri, Penelitian ini didasarkan atas permasalahan: 1) Bagaimana sejarah alat musik tradisional gamelan, 2) Bagaimana konsep etnomatematika yang terdapat pada alat musik tradisional gamelan, 3) Bagaimana relevansi alat musik tradisional gamelan terhadap pembelajaran matematika di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi dengan sumber data diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara.
