Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Berbasis Caring Community untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Unggulan Al-Anwari
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Model Realistic Mathematic Education (RME) berbasis Caring Community dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Unggulan Al Anwari. Model Realistic Mathematic Education (RME), yang menekankan pada pendekatan pembelajaran matematika kontekstual yang menghubungkan konsep matematika dengan situasi kehidupan sehari-hari, dikombinasikan dengan konsep caring community yang memfokuskan lingkungan belajar saling peduli, dan kolaboratif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas X di Madrasah Aliyah Unggulan Al-Anwari Kabupaten Banyuwangi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dari siklus I (siswa) 57,15%, kemudian meningkat pada siklus II (siswa) 80,95% pada pemahaman konsep matematika dan hasil belajar siswa setelah penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) berbasis Caring Community. Siswa juga menunjukkan peningkatan motivasi belajar, partisipasi aktif dalam diskusi kelas, serta kemampuan pemecahan masalah secara mandiri maupun kelompok. Dengan demikian, model ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan menciptakan iklim belajar yang positif di madrasah Aliyah Unggulan Al-Anwari.
