View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Tadris Matematika
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Tadris Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Berbasis Caring Community untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Unggulan Al-Anwari

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (5.254Mb)
    Date
    2024-08-19
    Author
    Rifda, Malihatur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Model Realistic Mathematic Education (RME) berbasis Caring Community dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Unggulan Al Anwari. Model Realistic Mathematic Education (RME), yang menekankan pada pendekatan pembelajaran matematika kontekstual yang menghubungkan konsep matematika dengan situasi kehidupan sehari-hari, dikombinasikan dengan konsep caring community yang memfokuskan lingkungan belajar saling peduli, dan kolaboratif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas X di Madrasah Aliyah Unggulan Al-Anwari Kabupaten Banyuwangi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dari siklus I (siswa) 57,15%, kemudian meningkat pada siklus II (siswa) 80,95% pada pemahaman konsep matematika dan hasil belajar siswa setelah penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) berbasis Caring Community. Siswa juga menunjukkan peningkatan motivasi belajar, partisipasi aktif dalam diskusi kelas, serta kemampuan pemecahan masalah secara mandiri maupun kelompok. Dengan demikian, model ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan menciptakan iklim belajar yang positif di madrasah Aliyah Unggulan Al-Anwari.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/136
    Collections
    • Program Studi Tadris Matematika

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV