View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Tadris Matematika
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Tadris Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Media Manipulatif terhadap Respon dan Hasil Belajar Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (3.148Mb)
    Date
    2024-08-26
    Author
    Qomariyah, Nurul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan yang terjadi di SMP Negeri 3 Asembagus ketika kegiatan belajar mengajar masih menggunakan pembelajaran secara langsung, sehingga ada beberapa siswa ketika dihadapkan dengan Matematika mereka tidak tertarik, merasa takut, tegang dan tidak memperhatikan. Siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) adanya pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantuan media manipulatif terhadap respon siswa, (2) adanya pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantuan media manipulatif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 3 Asembagus yang berjumlah 56 siswa. Sampel penelitian ini untuk kelas eksperimen yaitu kelas VIII B yang berjumlah 30 siswa, sedangkan untuk kelas kontrol yaitu kelas VIII A yang berjumlah 26 siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Untuk mendapatkan data peneliti menggunakan teknik angket berupa kuisioner berjumlah 20 item pernyataan dan pemberian soal tes berupa soal pretest dan posttest masing-masing berjumlah 5 butir soal essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil data respon siswa pada sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantuan media manipulatif yang diperoleh dari nilai R Square = 0,425 menunjukkan bahwa nilai rata-rata angket respon siswa yang diperoleh sebelum perlakuan adalah sebesar 42,50% dan sisanya adalah 57,50% diperoleh oleh variabel lain. Nilai Sig. F = 0,000 < 0,05, maka ditolak dan diterima. Sedangkan, hasil belajar siswa dilihat dari nilai posttest dengan Uji Independent Sampels Test memperoleh nilai Sig. 0,003 < 0,05 maka ditolak dan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantuan media manipulatif yang diterapkan pada pembelajaran Matematika dapat memberikan dampak positif terhadap respon dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/139
    Collections
    • Program Studi Tadris Matematika

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV