Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Teori Watson
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan dan faktor penyebab kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada pokok bahasan persamaan kuadrat ditinjau dari kriteria Watson. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas X-8 di SMA Negeri 1 Situbondo. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes, angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah metode Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami siswa yaitu data tidak tepat, prosedur tidak tepat, data hilang, kesimpulan hilang, konflik level respon, manipulasi tidak langsung, masalah hirarkhi keterampilan dan selain ketujuh kategori di atas. Dan faktor yang menyebabkan kesulitan dari faktor internal yaitu kesehatan atau kondisi tubuh, kemampuan / kecerdasan, bakat, minat, motivasi belajar, dan cara belajar. Faktor eksternal yaitu perhatian orang tua, hubungan siswa dengan anggota keluarga, lingkungan, kualitas pengajar/guru, fasilitas dan teman sebaya.
