Implementasi Model Pembelajaran High Order Thinking Skill (HOTS) Terhadap Kemampuan Berfikir Matematis Siswa SMA Nurul Islam Sepangkur Besar
Abstract
Rendah tingginya hasil kemampuan bepikir matematis siwa dipengaruhi oleh proses berjalannya belajar mengajar. Tentunya seorang guru dalam proses pembelajaran guru harus mampu untuk memilih dan menerapkan pembelajaran yang baik serta tidak kaku. Model pembelajaran yang kurang tepat berdampak kepada siswa terhadap mengaplikasikan kemampuan yang dimilki terlebih dalam meningkatkan kemampuan berpikir matematis. Salah satu model pembelajaran yang tepat digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir matematis siswa adalah model pembelajran High Order Thinking Skill (HOTS). Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan implementasi model pembejalaran HOTS dan 2) Untuk menegatahui perbedaan hasil kemampuan berpikir matematis siswa sebelum dan sesudah pembelajaran model HOTS diterapkan. Jenis penelitian ini berupa pra-experiment dengan menggunkan desain one group pretest- posttest. penelitian ini dilakuakan pada seluruh siswa kelas X MA Nurul Islam Sepangkur Besar yang berjumlah 35 orang. Data penelitian diperoleh melalui soal tes uraian yang terdiri dari preetest dan posttest masing-masing sebanyak 10 soal. Hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir matematis siswa dengan nilai tes perilakuan preetest dengaan hasil rata-rata 53.86, dan hasil perlakuan postetst dengan niali rata-rata 75.86. Berdasarkan uji t bahwa selisih dari nilai rata-rata sebelum dan sesudah perlakuan pembelajaran model HOTS dengan nilai 22.000, hasil tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan rata-rata kemampuan berpikir matematatis siswa antara sebelum dan sesudah model pembelajaran HOTS di implementasikan.
