Show simple item record

dc.contributor.authorIslamiah, Karimatul
dc.date.accessioned2025-11-24T14:33:48Z
dc.date.available2025-11-24T14:33:48Z
dc.date.issued2024-08-27
dc.identifier.urihttp://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/143
dc.description.abstractKartu bergambar merupakan sebuah alat permaian edukatif untuk pengenalan lambang bilangan. Kartu yang digunakan terbuat dari kardus yang dibentuk buah-buahan . Selain dapat mengenal lambang bilangan 1-5 anak juga dapat mengetahui macam macam buah yang sering dijumpai. Tujuan dari penelitian permainan kartu bergambar adalah : 1). Untuk mendeskripsikan bentuk pelaksanaan kegiatan bermain kartu bergambar. 2). Mendeskripsikan hasil pelaksanaan kegiatan bermain menggunakan kartu bergambar Jenis penelitian ii menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sering disebut classroom action research, dan menggunakan model Kemmis dan Mctaggart yaitu berupa perencanaan, pelaksanaan, obeservasi dan refleksi. Tahapan-tahapan ini dilakukan dalam satu siklus, kemudian dilanjutkan di siklus II dengan tahapan yang sama setelah dilakukan refleksi di siklus I. Penggunaan kartu bergambar dalam mengenalkan lambang bilangan di kelompok A menggunakan Peneltian Tindkan Kelas (PTK) dapat disimpulkan dengan mengetahui dari bentuk pelaksanaan dan hasil penelitian kartu bergambar sebagai berikut : 1). Bentuk pelaksanaan kegiatan dalam permainan kartu bergambar adaalah guru mempersiapkan media permainan berupa kartu bergambar kemudian mendemonstrasikannya, permainan dilakukan secara individu, serta diselingi dengan nyanyian, pemberian reward bagi anak yang memiliki rasa takut/malu untuk maju dalam melakukan permainan ini. 2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengenalkan lambang bilangan pada anak di kelompok A KB Garuda Jaya Jangkar Situbondo, meningkat setelah adanya tindakan, hal ini dibuktikan dengan peningkatan dari hasil observasi pra Siklus, Siklus I dan Siklus II. Mengenlakan lambang bilangan pada anak di pra siklus menunjukkan persentase 40%. Pada Siklus I meningkat 60% dan di siklus II meningkat mencapai persentase 90%.en_US
dc.publisherIbrahimy Libraryen_US
dc.titleMeningkatkan Pengenalan Lambang Bilangan Melalui Kartu Bergambar pada Anak Kelompok A di KB Garuda Jaya Jangkar Situbondo Tahun Pelajaran 2023/2024en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record