| dc.description.abstract | Mengembangkan motorik halus anak usia dini sangatlah penting demi masa depan anak-anak bangsa, untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak melalui kegiatan meronce pola geometri. Dalam meronce anak-anak bisa mengetahui cara meronce, cara memegang benang dan manik-manik dengan baik, sehingga pembelajaran bagi anak-anak tidak membosankan, karena anak-anak memperaktekkan langsung kegiatan meronce dengan menggunakan benda yang konkret. Adapun rumusan masalah pada penelitian yang dilakukan peneliti sebagai berikut: (1) Bagaimana menerapkan kegiatan meronce pola geometri dalam meningkatkan perkembangan motorik halus anak kelompok B di TK Ibnu Alwan Talaga Nonggunong Sumenep Tahun Pelajaran 2023/2024. (2) Bagaimana hasil dari penerapan kegiatan meronce pola geometri dalam meningkatkan perkembangan motorik halus anak kelompok B di TK Ibnu Alwan Talaga Nonggunong Sumenep Tahun Pelajaran 2023/2024?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan di dalam kelas untuk menemukan dan memecahkan masalah yang dilakukan secara bertahap melalui siklus, tujuannya untuk meningkatkan kualitas belajar anak dari hasil pembelajaran di kelas. Hasil penelitian ini adalah: 1) Proses meningkatkan perkembangan motorik halus dimulai dari guru membagikan tali dan manik-manik serta memperaktekkan kegiatan meronce pola geometri. Selanjutnya anak melakukan kegiatan meronce menggunakan manik-manik berbentuk geometri dan dapat mengkoordinasikan mata dan gerakan tangan dengan baik. 2) Hasil perkembangan motorik halus anak meningkat dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus nilai persentase anak mencapai 62,5%, kemudian setelah dilakukannya penelitian tindakan pada siklus I menjadi 68.75%, dan meningkat pada siklus II mencapai 81.25%. | en_US |