View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak melalui Media Alphabet Match pada Kelompok A di TK Al-Kiram Candi Dungkek Sumenep Tahun Pelajaran 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (2.802Mb)
    Date
    2024-08-22
    Author
    Nafilah, Faridatun
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan Kognitif merupakan salah satu aspek yang penting untuk dikembangkan pada anak usia dini, karena perkembangan kognitif mengacu pada kemampuan yang dimiliki seorang anak untuk memahami sesuatu, perkembangan kognitif juga salah satu aspek perkembangan anak usia dini yang berkaitan dengan pengetahuan, yaitu semua proses psikologis yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari dan memikirkan lingkungannya. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini ialah sebagai berikut: (1) Bagaimana proses meningkatkan perkembangan kognitif anak melalui media Alphabet Match pada kelompok A di TK Al-Kiram tahun pelajaran 2023/2024? (2) Bagaimana hasil dari meningkatkan perkembangan kognitif anak melalui media Alphabet Match pada kelompok A di TK Al-Kiram tahun pelajaran 2023/2024?. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah Penelitian tindakan kelas (PTK), dimana penelitian ini dilakukan dengan bersiklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa, (1)Proses meningkatkan perkembangan Kognitif anak melalui media Alphabet Match diawali dengan mengenal simbol-simbol, meniru (menuliskan dan menyebutkan semua huruf (A-Z), lalu anak menghafalkan semua bentuk huruf kecil maupun besar, setelah itu anak-anak diajak untuk mengamati media Alphabet Match tersebut, kemudian peneliti memberikan contoh cara bermain menggunakan media Aphabet Match, selanjutnya anak dipersilahkan untuk mencocokkan bentuk huruf yang sesuai dengan bentuk huruf yang ada di media tersebut, dan terakhir anak diminta untuk menulis namanya sendiri. (2)Setelah dilaksanakan kegiatan dengan menggunakan media Alphabet Match pada siklus I, perkembangan kognitif anak mengalami peningkatan dengan nilai keseluruhan 84 dan nilai rata-rata 5,25 dengan persentase 56,25%. Sedangkan pada siklus II pengetahuan anak semakin meningkat dengan nilai keseluruhan 117 dan rata-rata 7,31 dengan persentase 87,5%, peneliti dapat menyimpulkan bahwa tindakan ini sangat layak dijadikan acuan dan diterapkan dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak melalui media Alphabet Match di TK Al-kiram Candi Dungkek Sumenep.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/146
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV