View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B Miftahurrahman Kembangsari Jatibanteng Situbondo Tahun Pelajaran 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (3.491Mb)
    Date
    2024-08-27
    Author
    Sa'diyah Halimatus
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan kognitif pada anak usia dini sangatlah penting demi masa depan anak-anak bangsa. Salah satu cara meningkatkan perkembangan kognitif anak adalah melalui kegiatan pembelajaran kontekstual. Dalam kegiatan pembelajaran kontekstual, anak-anak mengalami, mengamati, dan menemukan sendiri pengetahuannya. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di PAUD adalah mengamati pertumbuhan biji kacang hijau/ kecambah. Sebelumya, anak dengan dipandu guru mempraktekkan sendiri kegiatan tersebut dengan menggunakan media yang konkrit. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak kelompok B RA Miftahurrahman Kembangsari Jatibanteng Situbondo Tahun Pelajaran 2023/2024. (2) Bagaimana hasil dari penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak kelompok B RA Miftahurrahman Kembangsari Jatibanteng Situbondo Tahun Pelajaran 2023/2024?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan di dalam kelas untuk menemukan dan memecahkan masalah yang dilakukan secara bertahap melalui siklus, tujuannya untuk meningkatkan kualitas belajar anak dan hasil pembelajaran di kelas. Hasil penelitian ini adalah: 1) Proses meningkatkan perkembangan kognitif anak melalui pembelajaran kontekstual dilakukan dengan kegiatan mengamati pertumbuhan biji kacang hijau/ kecambah. Sebelumnya, anak bersama guru memperaktekkan tahapan-tahapan kegiatan tersebut. Selanjutnya anak mengamati pertumbuhannya dan mendiskusikannya bersama guru dan anak-anak yang lainnya. 2) Hasil perkembangan kognitif anak meningkat dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus nilai persentase anak mencapai 53,84%, kemudian setelah dilakukannya penelitian Tindakan pada siklus I menjadi 53,84% dan meningkat pada siklus II mencapai 84,61%.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/148
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV