View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka melalui Media Roda Angka Berputar pada Anak Kelompok B TK Zainul Fauzi Kendit Situbondo Tahun Ajaran 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (4.486Mb)
    Date
    2024-08-21
    Author
    Hasanah, Masudhatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan mengenal angka merupakan pengembangan kemampuan dasar bagi anak PAUD yang meliputi beberapa aspek salah satunya adalah aspek pengembangan kognitif, yaitu membilang sebagai bagian dari berhitung dasar melalui pemahaman mengenal angka. Memahamkan angka angka perlu diberikan kepada anak sejak dini untuk mempersiapkan pribadinya di masa mendatang sesuai dengan tahap tumbuh kembangnya. Tahap dasar pengenalan matematika perlu adanya hafalan, hitungan, dan mengenal angka dan untuk mempermudah kepada anak untuk belajar mengenal angka. Adapun rumusan masalah pada penelitian yang dilakukan peneliti sebagai berikut: (1) Bagaimana proses pelaksanaan dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka melalui media roda angka berputar di kelompok B RA Zainul Fauzi Kendit Situbondo Tahun Pelajaran 2023/2024? (2) Bagaimana hasil penerapan dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka melalui media roda angka berputar di Kelompok B RA Zainul Fauzi Kendit Situbondo Tahun Pelajaran 2023/2024? Adapun hipotesis tindakan dalam penelitian ini mengajukan bahwa melalui permainan roda angka berputar dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak usia dini di TK Zainul Fauzi Kendit Situbondo Tahun Ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memecahkan masalah di dalam kelas, pemecahan masalah secara bersiklus dan di setiap siklus mempunyai tindakan dan perencanaan, dan berdasarkan hasil observasi peneliti melalui permainan media roda angka berputar, kemudian setelah dilakukannya penelitian tindakan pada siklus 1 yakni dengan jumlah 77 dan nilai rata-rata 5,13 dengan persentase 66,66%. Sedangkan pada siklus II pengetahuan anak semakin meningkat dengan total 96 dengan nilai rata-rata 6,4 dan persentase mencapai 86,66%.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/150
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV