View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Permainan Tradisional Gobak Sodor untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B di RA Arroyyan Gunung Borok Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (3.327Mb)
    Date
    2024-08-19
    Author
    Salwiyani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini sangatlah penting demi masa depan anak-anak, untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan bermain gobak sodor. Dalam bermain gobak sodor anak bisa mengetahui cara bermain, cara mengkoordinasi, menjaga keseimbangan, kelincahan tubuh, sehingga anak tidak merasa bosan karena langsung praktik dilapangan. Adapun rumusan masalah pada penelitian yang dilakukan peneliti sebagai berikut: (1) Bagaiman penerapan permainan tradisional gobak sodor dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di RA Arroyyan Gunung Borok Lombok Tengah tahun pelajaran 2023/2024? (2) Bagaimana hasil dari proses penerapan permainan tradisional gobak sodor untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di RA Arroyyan Gunung Borok Lombok Tengah tahun pelajaran 2023/2024?. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas (PTK) dengan memecahkan masalah secara bersiklus dan disetiap siklus mempunyai tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah: 1) proses pengenalan permainan tradisional gobak sodor dimulai dengan membentuk kelompok terlebih dahulu. Selanjutnya guru memberikan contoh bagiamana cara bermain gobak sodor, sedangkan anak mengamati, kemudian anak-anak langsung praktik bermain gobak sodor untuk melihat bagaimana kemampuan anak dalam mengembangkan motorik kasarnya. 2) hasil penelitian ini terjadi peningkatan motorik kasar anak dengan menggunakan metode bermain gobak sodor. Pada pra siklus presentase ketuntasan anak 33,33%, dan setelah dilakukan tindakan pada siklus I yakni dengan jumlah 74 dan nilai rata rata 4,93 dengan presentase 46,7%. Sedangkan pada siklus II pengetahuan anak semakin meningkat dengan total 106 dan nilai rata-rata 7,07 dengan presentase 86,67%. Berdasarkan hasil siklus II, maka tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya karena telah mencapai target ketuntasan klasikal yang didapatkan yaitu 80%.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/154
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV