| dc.description.abstract | Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya anak RA Al-Hidayah hususnya dalam penguasaan kosa kata bahasa arab . Selain itu, kurangnya media yang dapat menunjang materi pembelajaran, dan kemampuan bahasa anak dalam penguasaan kosa kata bahasa arab juga masih sangat rendah. Hal ini dapat diketahui dari hasil observasi awal yang menunjukkan dari 7 orang anak hanya 2 anak yang bisa menjawab pertanyaan guru. Tujuan penelitian ini adalah : 1.) Untuk mendeskripsikan bentuk pelaksanaan kegiatan menggunakan Media Puzzle Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Anak di Kelompok B RA Al-Hidayah Tahun Pelajaran 2023/2024, 2.) Untuk mengetahui hasil pelaksanaan kegiatan menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Anak di Kelompok B RA Al-Hidayah Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah menngunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menngunakan desain Arikunto dengan 4 tahap yaitu, Perrncanaan, Pelaksanaan, Tindakan, Pengamatan dan Refleksi. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 5 maret 2024 sampai 15 april 2024. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) anak melakukan kegiatan memasangkan potongan tersebut di papan puzzle dan mencari kosa kata yang sama dengan apa yang ada di dalam potongan gambar sesuai dengan yang sebelumnya sudah terlebih dahulu di contohkanoleh guru. Lalu anak menyusun lagi di atas papan puzzle dan yang selesai duluan langsung membacanya beserta artinya, guna meningkatkan Bahasa anak. 2) Pertemuan siklus I diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 57%. Sedangkan pada siklus II nilai ketuntasan anak meningkat mencapai 85%. Hal ini berarti penggunaan media puzzle dapat meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa arab anak pada kelompok B RA Al-Hidayah. | en_US |