| dc.description.abstract | Perkembangan sosial emosional adalah kemampuan anak untuk mampu beradaptasi dengan lingkungannya dan mampu mengendalikan emosi secara wajar.perkembangan seperti menyesuaikan diri dengan teman,membentuk konsep diri yang baik ,mau bekerja dama dan sabar dalam menyelesaikan tugas,juga memiliki emosi yang wajar masih belum berkembang baik pada anak TK As syafi'iyah Al-Haromain Bondowoso,untuk itu peneliti sebagai guru memberikan stimulasi dengan berbagai metode dengan tehnik pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan, sehingga perkembangan tersebut dapat berkembang dengan baik. Metode mendongeng yang peneliti gunakan dalam penelitian kelas ini yang bertujuan agar perkembangan sosial emosional anak dapat berkembang dengan baik. Penelitian yang di lakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian pada kelompok B TK As-syafi'iyah Al-Haromain Bondowoso tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 15 anak. Terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Tekhnik pengumpulan data yang di gunakan adalah tekhnik observasi data yang di peroleh kemudian di analisis dengan tekhnik kualitatif, prosedur penelitian di mulai dari kondisi awal, siklus I dan siklus II. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengembangkan sosial emosional anak Kelompok B TK As-syafi'iyah Al-Haromain Bondowoso melalui kegiatan mendongeng menggunakan boneka tangan anak dapat melatih kepekaan dirinya. Pada kondisi awal, sosial emosional masih rendah mencapai 30% dengan nilai 54 dan rata-rata 3,6 dengan persentase 33,33%. Kemudian meningkat setelah di lakukannya penelitian tindakan siklus I dengan jumlah 90 dan nilai rata-rata 5 dengan presentase 66,66%. Sedangakan pada siklus II perkembangan sosial emosional anak semakin meningkat dengan total 97 dengan rata-rata 6,4 dan presentase mencapai 86,66%. | en_US |