View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Bermain dan Berkarya melalui Bentuk Geometri Kelompok B TK Ma’ul Jadid Desa Widoropayung Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (1.685Mb)
    Date
    2024-08-27
    Author
    Ajeng Syarifah Wardani, Emas
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kreativitas anak kelompok B TK Ma’ul Jadid Desa Widoropayung Kecamatan Besuki Situbondo. Kurangnya kreativitas anak tersebut karena dalam pembelajaran kurang adanya stimulasi dalam pembelajaran yang bersifat berkreasi, kurangnya sarana dan prasarana, dan media yang bisa meningkatkan kreativitas anak. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan peningkatan kreativitas anak kelompok B TK Ma’ul Jadid Desa Widoropayung Kecamatan Besuki Situbondo dengan cara bermain dan berkarya dari bentuk geometri, 2) Untuk mengetahui hasil pelaksanaan peningkatan kreativitas anak kelompok B TK Ma’ul Jadid Desa Widoropayung Kecamatan Besuki Situbondo dengan cara bermain dan berkarya dari bentuk geometri. Penelitian ini adalah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Pendekatan dalam penelitian ini, yaitu menggunakan pendekatan deskriptif kualittif dan kuantitatif. Penelitian di lakukan pada tanggal 20 Februari sampai tanggal 19 Maret 2024. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Proses pelaksanaan bermain dan berkarya melalui bentuk geometri untuk meningkatkan kreativitas siswa sudah berjalan dengan baik, hal tersebut terbukti dimana anak sudah mulai berani mengerjakan sendiri pelaksanaan kegiatan tanpa contoh dan mereka sudah lebih percaya diri mengungkapkan ide-ide kreatifnya dalam wujud hasil karya sehingga mereka mampu mencipta hasil karya yang bervariasi, 2) Kegiatan bermain dan berkarya dari bentuk geometri tersebut berhasil meningkatkan kreativitas anak kelompok B TK Ma’ul Jadid Desa Widoropayung Kecamatan Besuki. Perkembangan kreativitas anak sekarang meningkat dan kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik. Anak juga terlihat senang dalam melakukan kegiatan bermain dan berkarya dari bentuk geometri baik pada siklus I maupun siklus II.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/159
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV