Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kreasi Origami Pada Anak Kelompok B di KB Al-Hidayah Curah Kalak
Abstract
Berdasarkan hasil observasi hari Sabtu tanggal 13 Januari 2024 di KB Al-Hidayah Curah Kalak Selatan Jangkar Situbondo ditemukan meniru membuat lipatan, berkreatifitas dengan lipatan dan belajar karya seni. Berdasarkan hasil wawancara hari Sabtu tanggal 13 Januari 2024 yang dilakukan peneliti dengan guru kelompok B di KB Al-Hidayah Curah Kalak Selatan Jangkar Situbondo anak-anak pada umumnya masih memiliki keterampilan motorik halus yang masih rendah terutama pada kegiatan meniru melipat kertas masih rendah disebabkan anak kurang memperhatikan guru saat menunjukkan kertas origami. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini melalui kreasi origami kelompok B di KB Al-Hidayah Curah Kalak Selatan Jangkar Situbondo. Desain Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tempat penelitian di kelompok B di KB Al-Hidayah Curah Kalak. Metode sampling yang digunakan yaitu total sampling dengan jumlah sampel 15 responden. Teknik pengambilan data dengan observasi, dilaksanakan pada bulan Januari - Maret 2024. Selanjutnya pengolahan dan analisa data menggunakan Tindakan Kelas. Simpulan dari penelitian ini adalah Proses pelaksanaan kegiatan origami untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini melalui kelompok B di KB Al-Hidayah Curah Kalak Selatan Jangkar Situbondo sangat efektif karena kegiatan melipat kertas ini juga dapat dikembangkan dengan berbagai macam bentuk dan dapat juga diberi hiasan yang lain. Hasil meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini dari 47% prasiklus meningkat 20% menjadi 67% siklus I dan meningkat 26% siklus II mencapai 93% melalui kegiatan origami kegiatan origami kelompok B di KB Al-Hidayah Curah Kalak Selatan Jangkar Situbondo
