View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan melalui Field Trip di Kelompok B Sps Mawar Bandilan Prajekan Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (4.152Mb)
    Date
    2024-08-27
    Author
    Mu'alimah, Ismawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Karakter peduli lingkungan pada anak tidak terbentuk secara alami, melainkan harus distimulus secara berulang. Salah satu cara yang efektif untuk mengembangkan karakter ini adalah melalui metode Field Trip. Karakter peduli lingkungan pada anak usia dini meliputi menjaga kebersihan, bertanggung jawab terhadap lingkungan, dan merawat serta melestarikan alam. Karakter ini terbagi menjadi dua, yaitu peduli terhadap lingkungan sosial dan lingkungan alam. Berdasarkan observasi di kelas B SPS Mawar Bandilan, Prajekan, Bondowoso, ditemukan bahwa karakter peduli lingkungan pada beberapa anak belum berkembang dengan baik.Hal ini disebabkan oleh metode pengajaran yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana proses dan Hasil pengembangan karakter peduli lingkungan anak melalui metode Field Trip di SPS tersebut.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru dan 12 peserta didik. Adapun penelitian yang di gunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK),penelitian tindakan kelas dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari sebelum melakukan penelitian dan sesudah melakukan penelitian.Hasil penelitian menunjukkan Pada pra siklus, perkembangan karakter peduli anak mencapai 30% dengan rata-rata 4,58 (41,66%), meningkat pada siklus I menjadi 66,66% dengan rata-rata 5,33, dan pada siklus II naik lagi menjadi 83,33% dengan rata-rata 6,17. masih ada langkah- langkah dalam pengembangan karakter peduli lingkungan yang belum dilakukan secara optimal oleh guru, seperti kurangnya pengingat bagi anak yang lupa melakukan kegiatan peduli lingkungan. Oleh karena itu, metode Field Trip perlu diterapkan secara lebih konsisten dan berulang untuk membentuk karakter peduli lingkungan yang kuat pada anak-anak.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/161
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV