View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi melalui Loose Parts di Kelompok A TK Nurur Rofi’ Situbondo Tahun Pelajaran 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (4.598Mb)
    Date
    2024-08-27
    Author
    Imani Ramadlani, Ruhil
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu pembelajaran di PAUD yang dapat digunakan untuk menstimulasi rasa ingin tahun serta pemecahan masalah bagi anak usia dini adalah literasi dan numerasi. untuk anak lebih mudah dalam memahami mengenal abjad dan Angka diperlukan bermain dengan menggunakan media looseparts, dengan pendekatan ini anak secara langsung melihat dan merasakan berbagai tekstur objek serta menggunakan imajinasinya secara penuh. Adapun rumusan masalah pada penelitian yang dilakukan peneliti sebagai berikut : (1) Bagaimana Proses meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi di kelompok A TK Nurur Rofi' Situbondo melalui penggunaan media loose parts? (2) Bagaimana hasil meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi di kelompok A TK Nurur Rofi' Situbondo melalui penggunaan media loose parts? Adapun hipotesis tindakan dalam penelitian ini mengajukan hipotesis bahwa kegiatan bermain menggunakan media looseparts dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi pada kelompok A di TK Nurur Rofi’ Situbondo Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode yang digunakan yakni Penelitian Tindakan Kelas dengan memecahkan masalah di dalam kelas, pemecahan masalah secara ber siklus dan setiap siklus mempunyai tindakan dan perencanaan. Berdasarkan hasil observasi, peneliti menggunakan metode media looseparts. Setelah dilakukan penelitian tindakan pada siklus I dengan jumlah 68 dan nilai rata-rata 5,66 dengan persentase 66,67%. Pada siklus II kemampuan anak semakin meningkat dengan total 84 dan nilai rata-rata 7 dengan persentase 91,67%.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/164
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV