Show simple item record

dc.contributor.authorAlifia Agustina, Humairah
dc.date.accessioned2025-11-24T16:11:31Z
dc.date.available2025-11-24T16:11:31Z
dc.date.issued2024-08-27
dc.identifier.urihttp://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/165
dc.description.abstractPerkembangan motorik dapat diartiakan sebagai perkembangan dari unsur kematangan dan pengendalian gerak tubuh ada tiga unsur yang dapat menentukan dalam perkembangan motorik, yaitu otak, syaraf,dan otot. Untuk mencapai kondisi motorik yang lebih sempurna keadaannya melalui kegiatan Finger Painting sebagai media untuk menunjang perkembangan motorik anak usia dini yang tidak hanya menggunakan media menulis, mewarnai, dan berhitung biasa, akan tetapi diselingi dengan kegiatan mewarnai menggunakan cat atau bubur warna dengan mengkoordinasikan gerakan mata dan tangan sesuai dengan imajinasi dan keinginan anak.Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui bagaimana cara kegiatan Finger Painting dilakukan dan bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan Finger Painting ini dapat meningkatkan perkembangan motorik halus pada anak.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), dimana hal ini dilakukan dalam bentuk pada II siklus, yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, observasi serta reflleksi.Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwasanya 1.) Dalamproses meningkatkan perkembangan motorik halus pada anak melalui kegiatan Finger Paintingadalah anak diminta untuk melukis sesuai dengan imajinasi mereka masing masing dengan mengguanakan bubur warna yang telah di buat oleh peneliti menggunkan lem fox, campuran warna dan air sedikit hal ini menjadi inovasi yang sangat baik bagi perkembangan motorik halus anak, selain itu anak dapat berkreasi dengan imajinasinya sendiri serta anak dapat melakukan tanpa bantuan orang lain. 2.) Dalam hal ini sangat terbukti dari hasil yang telah peneliti lakukan pada siklus I menunjukkan hasil 74% yang berarti belum dapat dikatan tuntas kemudian dilanjutkan pada siklus II mengalami peningkatan pada perkembangan motorik halus pada anak melalui kegiatan Finger Painting sebesar 93% yang menunjukkan kategori mencapai target ketuntasan, dari hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan Finger Painting sangat efektif digunakan untuk meningkatkan perkembangan motorik anak selain dengan cara menulis dan mewarnai biasa.en_US
dc.publisherIbrahimy Libraryen_US
dc.subjectFinger Painting,Motorik Halusen_US
dc.titlePelaksanaan Kegiatan Finger Painting dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompok A di TK Negeri Desa Tinga-Tinga Buleleng Bali Tahunpelajaran 2023/2024en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record