Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berwudhu pada Anak Kelompok A TK Muslimat NU Desa Sidogedungbatu II Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik Tahun Pelajaran 2023/2024
Abstract
Pembelajaran dengan metode demonstrasi merupakan pembelajaran yang sangat efektif untuk diterpakan dalam pembelajaran pendidikan islam anak usia dini agar mudah untuk tata cara berwudhu dengan baik dan benar. Pembelajaran di TK Muslimat NU Sidogedungbatu II sangat membutuhkan metode dalam pembelajaran agar efektif dan inovatif dan juga dapat bisa membantu anak untuk mempermudah dalam pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan berwudhu dengan metode ini anak dapat dengan mudah dan cepat dalam meningkatkan kemampuan berwudhu dengan baik dan benar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses meningkatkan berwudhu melalui metode demonstrasi pada anak di TK Muslimat NU Sidogedungbatu II. Anak diajak mengetahui syarat wudhu, sunnah wudhu, fardhu wudhu, batal-batalnya wudhu, mengamati gerakan wudhu, cara wudhu yang benar. 2) Bagaimana hasil penerapan penggunaan metode demonstrasi dalam meningkatkan berwudhu untuk anak di TK Muslimat NU Sidogedungbatu II. Peneliti ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar yang berupa sebuah Tindakan yang sengaja untuk dimunculkan dan terjadi di dalam kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berwudhu pada anak. Pada pra siklus presentase anak 26,31% dan setelah dilakukan tindakan pada siklus I hanya 8 anak dari jumlah 19 anak yang dinyatakan mampu mencapai kriteria ketuntasan maksimal, dengan presentase 42,10%. Sedangkan pada siklus II terdapat 16 anak yang sudah berhasil mencapai kriteria ketuntasan yaitu dengan presentase 84,21%. Berdasarkan hasil siklus II, maka tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya karena telah mencapai target ketuntasan yang sudah ditetapkan yaitu 84,21%.
