View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional melalui Metode Bercerita pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK PGRI Jangkar Tahun Pelajaran 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (2.963Mb)
    Date
    2024-08-27
    Author
    Amelia Febriyatik, Tina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan sosial emosional merupakan kemampuan mengadakan hubungan dengan orang lain, terbiasa untuk bersikap sopan santun, mengetahui peraturan dan dispilin dalam kehidupan sehari- hari dan dapat menunjukan rekasi emosi yang wajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perkembangam emosional anak usia 5-6 tahun sebelum dilakukan metode bercerita di TK PGRI Jangkar, 2) Pelaksanaan metode bercerita dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun di TK PGRI Jangkar , 3) Kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun dapat ditingkatkan melalui metode bercerita di TK PGRI Jangkar Tahun Ajaran 2023-2024. Teknik penelitian yang dilakukan adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subjek pada penelitian ini adalah 14 anak usia 5-6 tahun. Islam TK PGRI Jangkar yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 9anak perempuan. Target keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase menunjukkan 80% anak mengalami peningkatan kecerdasan emosional melalui metode bercerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kecerdasan anak meningkat setelah adanya tindakan melalui metode bercerita. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, persentase kecerdasan emosional sebesar 35,71%, kemudian mengalami peningkatan pada Siklus I sebesar 71,42% dan pada pelaksanaan Siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 85,71 %. Langkah langkah yang ditempuh sehingga kecerdasan emosional anak meningkat adalah: kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pemberian pengarahan aktif dilakukan pada saat kegiatan inti dan pemberian reward pada saat kegiatan penutup.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/167
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV