Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional melalui Metode Bercerita pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK PGRI Jangkar Tahun Pelajaran 2023/2024
Abstract
Perkembangan sosial emosional merupakan kemampuan mengadakan hubungan dengan orang lain, terbiasa untuk bersikap sopan santun, mengetahui peraturan dan dispilin dalam kehidupan sehari- hari dan dapat menunjukan rekasi emosi yang wajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perkembangam emosional anak usia 5-6 tahun sebelum dilakukan metode bercerita di TK PGRI Jangkar, 2) Pelaksanaan metode bercerita dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun di TK PGRI Jangkar , 3) Kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun dapat ditingkatkan melalui metode bercerita di TK PGRI Jangkar Tahun Ajaran 2023-2024. Teknik penelitian yang dilakukan adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subjek pada penelitian ini adalah 14 anak usia 5-6 tahun. Islam TK PGRI Jangkar yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 9anak perempuan. Target keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase menunjukkan 80% anak mengalami peningkatan kecerdasan emosional melalui metode bercerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kecerdasan anak meningkat setelah adanya tindakan melalui metode bercerita. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, persentase kecerdasan emosional sebesar 35,71%, kemudian mengalami peningkatan pada Siklus I sebesar 71,42% dan pada pelaksanaan Siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 85,71 %. Langkah langkah yang ditempuh sehingga kecerdasan emosional anak meningkat adalah: kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pemberian pengarahan aktif dilakukan pada saat kegiatan inti dan pemberian reward pada saat kegiatan penutup.
