View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Sosial Emosional Anak melalui Metode Bermain Peran pada Anak Usia Dini Kelompok B di TK PGRI 6 Arjasa pada Tahun Pelajaran 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (4.012Mb)
    Date
    2024-08-27
    Author
    Sugiarsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Masalah ketuntasan dalam belajar merupakan masalah yang penting, sebab menyangkut masa depan peserta didik, lebih-lebih bagi mereka yang mengalami kesulitan belajar. Pendekatan pembelajaran tuntas adalah salah satu usaha dalam pendidikan yang bertujuan untuk memotivasi peserta didik mencapai penguasaan terhadap kompetensi tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses meningkatkan sosial emosional anak melalui metode bermain peran pada Anak Usia Dini kelompok B di TK PGRI 6 Arjasa pada tahun pelajaran 2023/2024, 2) Mendeskripsikan hasil penerapan metode bermain peran untuk peningkatan sosial emosional Anak Usia Dini kelompok B di TK PGRI 6 Arjasa pada tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini diadakan sejak tanggal 30 April 2024 dengan obyek penelitian berjumlah 15 anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model skema menggunakan 4 fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian didapatkan dengan cara observasional. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penerapan metode bermain peran untuk peningkatan sosial emosional Anak Usia Dini kelompok B di TK PGRI 6 Arjasa. 1) guru menjelaskan tema, menyediakan alat peraga menjadi dokter cilik, alat peraga suntikan, baju dokter cilik, dan bahan-bahan yang lain, selanjutnya guru mengamati dan bertanya profesi dokter ke anak-anak dan anak pun melakukan perannya menjadi dokter cilik sesuai kemampuan anak. 2) Hasil penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan sosial emosional Anak Usia Dini kelompok B di TK PGRI 6 Arjasa berdasarkan pencapaian indikator sebelum tindakan 4 anak bernilai tuntas. Pencapaian yang anak peroleh di masing masing siklus mencapai persentase ketuntasan pada pra siklus senilai 27%, siklus I (setelah tindakan) meningkat 27% menjadi 53%, dan peningkatan sebesar 33,66% pada siklus II menjadi 86,66%.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/170
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV