View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Alat Permainan Edukatif Mystery BOX untuk Meningkatkan Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al Hidayah III Kertosari Tahun Pelajaran 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (5.179Mb)
    Date
    2024-08-27
    Author
    Mubarokah, Risqotim
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kesehatan gigi pada anak sangatlah penting dijaga sejak dini. Menjaga kesehatan anak sejak dini terkadang lengah Dan menganggap anak masih belum memerlukan perawatan. Bagi pendidik kebersihan gigi menjadi wajib hukumnya karena ia akan menjadi objek pemandangan utama bagi peserta didik. Secara realita anak sangat dekat dengan permainan maka dari itu di rasa perlu untuk membuat sebuah alat permainan edukatif yang dapat memberikan dorongan pada anak agar anak senang merawat gigi. Oleh karnanya peneliti mendesain permainan edukatif yaitu alat permainan edukatif mystery box. Adapun tujuan penelitian adalah sebagai berikut: (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana proses pengembanga Alat Permainan Edukatif Mystery Box Untuk Meningkatkan Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al Hidayah III Kertosari Tahun 2023/2024. (2) Untuk mengetahui kelayakan Alat Permainan Edukatif Mystery Box dalam Meningkatkan Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al Hidayah III Kertosari Tahun 2023/2024 Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development (RnD). Tempat penelitian yang ditempati adalah RA Al-Hidayah III Kertosari. Dalam penelitian ini digunakan berbagai macam kumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Proses pengembangan alat permainan edukatif mystery box melalui 9 tahapan. Tahap yang pertama Potensi dan Masalah. Yang kedua Pengumpulan Data. Ketiga, desain Produk. Keempat Validasi Desain. Kelima, Revisi Produk. Keennam Uji Coba Awal Produk. Ke tujuh, Revisi Produk. Kedelapan Uji Coba Produk. Yang terakhir Revisi Produk. (2) dan kelayakan pada Alat Permainan Edukatif Mystery Box untuk Meningkatkan Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri Anak Usia 5-6 memperoleh kriteria sangat layak dengan jumlah skor 37, 36 dan 35 dari skor total 40 40 dan 36 dan rata-rata skor 3,7; 3,6; 3,8 dengan persentase 92,5%; 90,6%; 97,2%. Sedangkan persentase yang dihasilkan masing-masing anak mulai dari 75%- 95,8% dan Kelayakan pada alat permainan edukatif mystery box yaitu dengan menggunakan beberapa tahap yang terdiri dari validasi beberapa para ahli seperti ahli media, ahli materi, dan Ahli pembelajaran serta uji coba terhadap alat permainan edukatif mystery box.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/171
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV