Show simple item record

dc.contributor.authorAttaqiyah, Nabila
dc.date.accessioned2025-11-24T16:35:09Z
dc.date.available2025-11-24T16:35:09Z
dc.date.issued2024-08-26
dc.identifier.urihttp://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/172
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar buku bergambar bahasa Arab dengan tema profesi menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Buku ini dirancang untuk membantu anak usia dini dalam mengenal berbagai profesi sekaligus meningkatkan pemahaman mereka terhadap kosakata bahasa Arab secara menyenangkan dan interaktif. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana proses pengembangan bahan ajar dengan media buku bergambar bahasa arab tema “profesi” untuk anak usia dini dalam upaya meningkatkan kemampuan mufradat siswa? 2) Bagaimana efektivitas pengembangan bahan ajar dengan media buku bergambar bahasa arab tema “profesi” untuk anak usia dini dalam upaya meningkatkan kemampuan mufradat siswa? Pengembangan bahan ajar ini, berpatokan pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima langkah pengembangan, yaitu analisis, design, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penilaian kelayakan bahan ajar di validasi oleh para ahli, yaitu ahli materi dan ahli pengembangan bahan ajar. Berdasarkan penilaian dari ahli materi dengan persentase 81,25% dengan kriteria “Sangat baik atau sangat laayak”. Penilaian dari ahli pengembangan bahan ajar pada tahap pertama memperoleh persentase rata-rata penilaian 59,37% dengan kriteria “cukup”, sehingga membutuhkan perbaikan dan penyempurnaan untuk meningkatkan kualitas kelayakan bahan ajar yang dikembangkan. Setelah peneliti memperbaiki dan menyempurnakan kekurangan dalam bahan ajar, dilakukan validasi penilaian kelayakan tahap dua dan diperoleh rata-rata persentase 90,62% dengan kriteria “sangat layak”. Bahan ajar ini juga memiliki keefektifan yang dapat dibuktikan dari hasil uji t dengan nilai pre-test 56,15 dan nilai post-test 83,46 dan nilai sig. (2-tailed) 0,000 lebih kecil dari Tingkat alfa 5% (0,05) sehingga menolak Ho, maka kesimpulannya terdapat perbedaan rata-rata sebelum dan sesudahnya pemakaian media buku bergambar bahasa arab tema profesi untuk anak usia dini pada pembelajaran bahasa Arab. Dengan demikian, produk bahan ajar yang dikembangkan memiliki efektifitas yang tinggi.en_US
dc.publisherIbrahimy Libraryen_US
dc.subjectBahan Ajar, Buku Bergambar, Bahasa Arab Anak Usia Dinien_US
dc.titlePengembangan Bahan Ajar dengan Media Buku Bergambar Bahasa Arab Tema Profesi untuk Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Muslimat NU 01 Panji Situbondo Tahun Pelajaran 2023/2024en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record