Show simple item record

dc.contributor.authorIndah Andriani, Nadia
dc.date.accessioned2025-11-24T16:50:09Z
dc.date.available2025-11-24T16:50:09Z
dc.date.issued2024-08-22
dc.identifier.urihttp://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/174
dc.description.abstractBahasa Arab merupakan salah satu bahasa Inernasional yang telah digunakan oleh kurang lebih 120 juta penduduk di dunia. Di dalam pendidikan, kedudukan bahasa Arab menjadi penting untuk dipelajari oleh seluruh siswa di seluruh jenjang pendidikan. Maka dari itu, seluruh guru bahasa Arab dituntut untuk menciptakan suasana kelas yang asyik dan nyaman agar para murid tidak merasa bosan dalam mempelajari bahasa Arab. Media pembelajaran bahasa Arab merupakan suatu hal yang penting dimiliki guru dalam mengajar bahasa Arab. Komik Arabic merupakan salah satu media pembelajaran bahasa Arab yang dapat membuat siswi lebih mudah dalam membaca teks berbahasa Arab dan tidak membuat para siswi bosan, karena di dalam komik Arabic tersebut terdapat gambar-gambar yang dapat menghibur para siswi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penyusunan komik Arabic dan keefektifan komik Arabic untuk meningkatkan maharah qira’ah siswi kelas mubtadi’ asrama bahasa Arab pusat putri pondok pesantren salafiyah syafi’iyah sukorejo situbondo tahun pelajaran 2024-2025. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (RND). Tahapan penelitian RND yang digunakan mengikuti tahapan yang dikemukakan oleh Sugiyono dengan tujuh tahapan, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, design produk, validasi ahli design dan bahasa, revisi design, uji coba produk, implementasi produk. Sampel yang digunakan berjumlah 12 orang siswi mubtadi’. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Berdasarkan hasil paparan data yang ada, penyusunan komik harus memenuhi beberapa komponen-komponen penting, diantaranya alur cerita yang menarik, pemilihan background yang tepat, pemilihan karakter yang cocok, dan tak lupa elemen-elemen pendukung agar komik dapat lebih menarik. Selanjutnya hasil analisis uji t, dapat diketahui bahwa thitung (11,015) lebih besar dari ttabel (2,179), maka diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar siswi setelah mengunakan media komik Arabic dalam pembelajaran maharah qira’ah dan dapat dikatakan bahwa media komik Arabic terbukti efektif dapat meningkatkan minat baca siswi terhadap tes berbahasa Arab.en_US
dc.publisherIbrahimy Libraryen_US
dc.subjectKomik, Maharah Qira’ahen_US
dc.titlePenyusunan Komik Arabic untuk Meningkatkan Maharah Qira’ah Siswi Kelas Mubtadi’ Asrama Bahasa Arab Pusat Putri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo Tahun Pelajaran 2024-2025en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record