| dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan santri dalam pembelajaran maharah kalam. Proses pembelajaran yang monoton dan metode pembelajaran yang kurang kereatif menjadi salah satu sebab kurangnya kemampuan berbicara santri. Cara mengatasi rendahnya kemampuan berbicara santri dapat digunakan media miniatur wisata pantai yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan maharah kalam santri dengan menggunakan media miniatur wisata pantai dan mengetahui keefektifisan media miniatur wisata pantai dalam pembelajaran maharah kalam di asrama Bahasa Arab Hujroh el-Marwah Ma’had Aly Putri. Jenis penelitian yang digunakan adalah Reseach and Deveploment (R&D), dengan model Borg and Gall yang dilakukan 7 tahapan yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain produk, uji coba produk dan revisi produk. Media pembelajaran berupa miniatur wisata pantai telah dikembangkan dan diujikan melalui angket validasi media dengan rata-rata penilaian sebesar 95%, angket validasi materi dengan rata-rata penilaian 90%, uji respon pendidik dengan rata-rata penilaian sebesar 100%, uji respon peserta didik dengan rata-rata penilaian sebesar 88,25%, dari hasil tersebut tidak memerlukan revisi dan dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran karena dikategorikan sangat layak. Kemudian hasil uji coba skala kecil mendapatkan nilai yang signifikan yaitu 0,004 dan Uji coba skala besar mendapatkan nilai 0,000 yang lebih kecil dari 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media miniatur dapat meningkatkan maharah kala santri wustho di Hujroh el-Marwah asrama Ma’had Aly Putri. | en_US |