View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat Siswa Kelas VII MTs Nurul Huda II Tambaksari Rubaru Sumenep Tahun Pelajaran 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (6.842Mb)
    Date
    2024-08-26
    Author
    Fauzah, Nurul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam pembelajaran dibutuhkan media yang dapat menunjang terlaksananya pembelajaran dengan baik. Sedangkan di MTs Nurul Huda II hanya menfasilitasi media seadanya sehingga siswa kelas VII cenderung bosan dan pasif dalam mengikuti pembelajaran. Dari permasalahan tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan mufradat siswa melalui media pembelajaran flashcard yang dikembangkan dalam bentuk kartu yang efektif dan efisien. Dengan cara ini, diharapkan siswa menjadi lebih aktif, tidak merasa bosan, dan minat mereka dalam belajar meningkat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Reseach and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Model 4D diantaranya define, design, develop dan disminate. Rancangan yang digunakan adalah one shot case study. Desain pada media flashcard yang dikembangkan memiliki beberapa hiasan icon agar lebih terkesan menarik dan pada bagian depan terdapat gambar dan terdapat mufradat pada bagian belakang yang sesuai dengan gambar yang sudah ada pada bagian depan. Hasil validasi dari ahli media adalah 96% sedangkan hasil dari ahli materi 94% dan dari tanggapan guru mata pelajaran memiliki presentase 98%, hasil dari keseluruhan dinyatakan valid. Terdapat perbedaan signifikasi terhadap kelompok kelas eksperimen dan median teoritis yaitu 0,0010 lebih kecil dari pada nilai 0,05. Hal tersebut menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan median teoritis. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flashcard dapat meningkatkan penguasaan mufradat siswa kelas VII MTs Nurul Huda II Tambaksari Rubaru Sumenep.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/179
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV