| dc.description.abstract | Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan sebgai pendukung proses pembelajaran yang bertujuan unuk mempermudah pemahaman peserta didik. Menurut hasil observasi pada siswa kelas VIII Mts Pondok Pesantren Baiturrahman Bagik Papan, kurangnya media penunjang pembelajaran bahasa Arab sehingga peneliti melakukan pengembangan media ajar dengan permainan monopoli untuk meningkatkan kemampuan menghafal mufrodat bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan agar sebuah monopoli layak digunakan dan efektifitas dalam menigkatkan kemampuan menghafal mfrodat bahasa Arab siswa. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reasech and Deveopment). Dari hasil penelitian ini, hasil dari validasi kelayakan produk dari ahli media dengan presentase 94% termasuk kategori sangat layak dan ahli materi dengan presentase 100% termasuk kategori sangat layak beserta dukungan dari hasil validasi tanggapan guru dengan presentase 72% termasuk kategori layak. Sedangkan, keefektifannya dilihat dari pencapaian yang diperoleh dari hasil pre-test dan post-test yang dilihat dari hasil uji normalitas dihasilkan nilai signifikansi Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,200 > 0,05 yang artinya hasil Uji Normalitas dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal dan untuk hasil dari dari pengujian T-test yaitu Sig. (2-tailed) = 0,000 < α = 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat peningkatan dalam menghafal murodat bahas Arab dengan menggunakan media pembelajaran permainna monopoli. | en_US |