View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Buku Ajar Kaidah Imla` dalam Peningkatan Maharah Al Kitabah di Lembaga Pengembangan Bahasa Arab Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo Tahun Pelajaran 2024-2025

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (6.859Mb)
    Date
    2024-08-27
    Author
    Ghufron, Moh
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya pengetahuan anggota kursusan akan keterampilan menulis di Lembaga Pengembagan Bahasa Arab dikarenakan salah satu faktor yaitu belum adanya buku ajar khusus dalam pembelajaran keterampilan menulis. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana pengembangan buku ajar kaidah imla`? (2) Bagaimana efektifitas pengembangan buku ajar kaidah imla` untuk anggota kursusan di Lembaga Pengembangan Bahasa Arab PP. Salafiyah Syafi`iyah Sukorejo Situbondo? Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian Pengembangan Research and Development (R&D), sebuah metode yang memiliki beberapa tahapan : (1) menganalisis produk awal yang akan dikembangkan (2) mengembangkan produk awal (3) validasi produk (4) uji coba skala kecil, revisi hasil uji skala kecil (5) uji coba skala besar, revisi produk, dan produk final. Populasi adalah seluruh anggota kursusan Lembaga Pengembangan Bahasa Arab Tahun Ajaran 2024-2025 dengan jumlah 30 orang. Semua populasi menjadi sampel sehingga penelitian dinamakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non-tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Uji-t berkorelasi. Simpulan penelitian ini adalah bahwa buku ajar sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa arab khususnya materi keterampilan menulis (maharah al kitabah). Saran yang diberikan sebaiknya guru menerapkan media pembelajaran bahasa arab yang bervariasi agar hasil belajar siswa lebih meningkat.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/182
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV