View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pembuatan Buku Ajar Ayo Berbicara Bahasa Arab untuk Meningkatkan Maharah Kalam Santri di TPQ Pondok Pesantren Baitul Azhar Sumber Pakem Sumber Jambe Jember Tahun Ajaran 2023-2024

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (3.585Mb)
    Date
    2024-08-27
    Author
    Khoirun Nisa, Atikah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Buku Ajar Ayo Berbicara Bahasa Arab merupakan salah satu buku ajar yang dapat digunakan untuk meningkatkan maharah kalam. Buku Ajar ini dapat mengatasi tidak adanya ketersediaan buku ajar yang menunjang pelajaran bahasa arab pada materi maharah kalam untuk santri di TPQ Pondok Pesantren Baitul Azhar Jember. Skripsi ini memiliki tujuan penelitian sebagai berikut (1) Mendeskripsikan proses pembuatan Buku Ajar Ayo Berbicara Bahasa Arab untuk meningkatkan maharah kalam santri di TPQ Pondok Pesantren Baitul Azhar. (2) Mengetahui efektifitas Buku Ajar Ayo Berbicara Bahasa Arab untuk meningkatkan maharah kalam santri di TPQ Pondok Pesantren Baitul Azhar. Penelitian ini berjenis penelitian R & D dengan menggunakan model Borg and Gall. Tahapan yang digunakan adalah 7 tahap, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data , desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Subjek penelitian ini adalah 2 validator ahli dan santri di TPQ Pondok Pesantren Baitul Azhar. Pengambilan data dengan teknik analisis kuantitatif dan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti (1) Produk buku ajar Ayo Berbicara Bahasa Arab telah memenuhi kriteria bahan ajar yang valid berdasarkan uji validasi dari beberapa validator dengan tetap memperhatikan komponen-komponen penting seperti pemilihan desain yang menarik. (2) Hasil uji t-test diperoleh 0,004 dan 0,000 dengan demikian maka Ha Diterima dan Ho Ditolak.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/183
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV