Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTSN 3 Jembrana
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa khususnya pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Karena Mata Pelajaran ini kurang diminati oleh siswa, materi yang penuh dengan hafalan, dan kurangnya media pembelajaran , sehingga banyak siswa yang tidak tertarik, tidak bersemangat serta kurang memperhatikan guru Ketika Pelajaran. Sehingga pemahaman siswa pun berkurang. Melalui pengembangan media flash card Bahasa Arab ini diharapkan hasil belajar siswa sesuai dengan yang diinginkan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk : (1) menjelaskan media pembelajaran flash card pada materi ن ا و َ ن ع َ ل ا kelas VII MtsN 3 Jembrana. (2) menjelaskan tingkat kelayakan pada media flash card ن ا و َ ن ع َ لا kelas VII MtsN 3 Jembrana (3) menjelaskan perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media flash card pada kelas VII MtsN 3 Jembrana. Hasil penelitian ini meunjukan bahwa (1) produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berbentuk media flash card bahasa Arab pada materi ن ا و َ ن َ ع ل. (2) hasil uji coba pengembangan media flash card ini memiliki tingkatkevalidan dari ahli materi/isi 88%, ahli desain 96%, dan ahli pembelajaran 96%. pada tabel kevalidan produk, hasil ini masuk pada kategori yang sangat layak, artinya tidak memerlukan revisi dan dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran. Dengan demikian media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak. (3) perbedaan hasil belajar siswa rata-rata pre-test adalah 66,06 dan nilai post-test adalah 80,90. dan hasil jumlah hafalan mufrodat siswa dari 0 sampai 6 mufrodat menjadi 4 sampai 15 mufrodat dari keseluruhan 30 mufrodat yang ada, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan terhadap media yang dikembangkan Dari hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa kelas kelas VII MtsN 3 Jembrana. Dengan demikian, media flash card layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab
