تطبيق أيّام القواعد في ترقية فهم القواعد اللغوية لدى الطالبات في فصل المتقدّم بالسكن اللغويّ المركزيّ للبنات في معهد سلفية شافعية سوكِرْجو سيتوبندو عام ٢٠٢٣ م.
Abstract
Ayyamul Qawaid, Peningkatan Pemahaman Qawaid Lughawiyah Ayyamul qawaid merupakan salah satu Program yang ditetapkan oleh jajaran pengurus asrama bahasa Arab Pusat Putri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo. Ayyamul qawaid adalah pelaksanaan suatu program atau aturan yang telah di tetapkan dengan kesepakatan yang telah di rencanakan untuk mencapai tujuan yang di inginkan, yaitu yang dimaksud disisni ialah selama tiga hari (senin, selasa dan rabu) siswi asrama bahasa arab di wajibkan berbicara menggunakan qawaid yang baik dan benar dengan memberikan harakat (syakkal) untuk setiap akhir lafadz yang di ucapkan ketika berbicara, dengan demikian tiga hari tersebut di namakan ayyamul qawaid bagi siswi asrama bahasa Arab pusat putri. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswi terhadap qawaid lughawiyah khususnya siswi kelas mutaqoddim. Qawaid lughawiyah merupakan unsur yang penting dikuasai dalam pembelajaran bahasa agar bahasa tersebut dapat difahami dengan baik dan benar oleh pendengar naupun pembaca. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah yakni tentang 1) Bagaimana penerapan Ayyamul Qawaid di kelas mutaqoddim Asrama Bahasa Arab Pusat Putri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo Tahun 3132? 3) Bagaimana peningkatan pemahaman Qawaid di kelas mutaqoddim Asrama Bahasa Arab Pusat Putri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo Tahun 3132 Pendekatan dan jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif, pengumpulan data menggunakan teknik obserbvasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian adalah: 1) Penerapan ayyamul qawaid di Asrama bahasa arab pusat putri di berlakukan melalui kontrol ketat pengurus asrama bahasa bagian kebahasaan, yang dimana setiap hari senin, selasa dan rabu siswi harus berbicara dengan qaidah yang baik dan benar setrta diwajibkan memberi harakat akhir disetiap lafadz yang diucapkan. Dalam penerapannya adanya pengawasan ketat terhadap siswi yang melanggar aturan dengan tidak menggunakan qawaid yang benar dan sesuai 3) Peningkatan pemahaman qawaid siswi asrama bahasa Arab khususnya kelas mutaqoddim terlihat melalui tes-tes yang dilakukan guru qawaid dan pengurus bagian kebahasaan, siswi telah terbiasa menggunakan qawaid yang benar di saat ayyamul qawaid berlangsung. Peningkatan pemahaman siswi terhadap qawaid dapat dilihat dari ucapan mereka dalam keseharian yang semakin membaik dari segi qaidah lugawi yang digunakan saat berbicara.
