| dc.contributor.author | Aluf, Wildatul | |
| dc.date.accessioned | 2025-11-24T17:41:22Z | |
| dc.date.available | 2025-11-24T17:41:22Z | |
| dc.date.issued | 2024-08-27 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/188 | |
| dc.description.abstract | Berdasarkan observasi di kamar bahasa Arab di asrama Nurul Qoni‟ pondok pesantren salafiyah syafi‟iyah sukorejo situbondo terdapat beberapa siswa kelas mubtadi‟ yang sulit dalam menghafal kosakata mufrodat yang diberikan, karena belum adanya buku yang memuat mufrodat yang diperoleh pada saat materi serta sulitnnya berkomunikasi antar teman maka peneliti mengembangkan bahan ajar dalam media bentuk buku saku mufrodat al-yaumiyyah dengan menggunakan pendekatakan komunikatif dalam implementasinya. Peneliti memilih Model pengembangan dengan model BORG & GALL. Analisis kebutuhan sampel evaluasi dilakukan sebagai langkah-langkah dalam pengembangan. Validasi ahli materi, ahli media dan respon guru mata pembelajaran kosakata mufrodat tentang media yang digunakan sebagai penilaian layak atau tidak produk yang dibuat. Salah satu upaya yang dilakukan dengan membuat buku saku yang sederhana namun tidak sulit untuk tingkatan semua umur serta membuat buku saku mufrodat menarik atau interaktif, sehingga menambah minat anak untuk belajar dan menghafal kosakata. Pada kesempatan ini maka peneliti menyusun buku saku mufrodat al-yaumiyyah yakni berisi kosakata sehari-hari yang mudah dan menyenangkan untuk peserta didik. Guna mencapai model penelitian yang telah dipilih oleh peneliti menggunakan strategi pendekatan komunikatif, peserta didik dituntut untuk lebih aktif dibandungkan guru pada saat pembelajaran berlangsung serta dituntut untuk berkomunikasi dengan temannya dengan tidak terlalu memperhatikan struktur dalam komunikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan peserta didik meningkat dengan adanya peningkatan pada nilai yang diperoleh oleh siswa pada saat sebelum dan sesudah penerapan media yang dibuat. | en_US |
| dc.publisher | Ibrahimy Library | en_US |
| dc.subject | media pembelajaran buku saku mufrodat, pendekatan komunikatif. | en_US |
| dc.title | Pengembangan Buku Saku Mufrodat Al- Yaumiyyah Berdasarkan Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Asrama Bahasa Nurul Qoni’ Putri pada Tahun Pembelajaran 2024 – 2025 | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |