Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Kartu Talk Or Dare pada Pembagian Fi’il dalam Peningkatan Maharah Kalam pada Kelas Shifir di Asrama Bahasa Syu’batul Lughah Al-Khairiyyah MQ PI Tahun Pelajaran 2024
Abstract
Secara umum, tujuan pembelajaran bahasa Arab di Indonesia adalah agar peserta didik dapat menggunakan bahasa tersebut secara aktif, khususnya dalam komunikasi lisan. Kartu permainan Talk Or Dare adalah media pembelajaran berbentuk kartu yang dirancang oleh peneliti untuk memuat berbagai macam pembagian fi’il dalam ilmu Nahwu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan penggunaan media kartu Talk Or Dare di kelas shifir asrama bahasa Syu’batul Lughah Al-Khairiyyah. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian pengembangan (Research and Development) dan menggunakan model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvin I. Semmel. Model ini terdiri dari empat tahap: tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun, penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Peneliti menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan desain penelitian eksperimen (True-experimental design), khususnya desain Posttest Only Group Design. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik di kelas shifir, di mana terdapat dua kelas: kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan dengan penggunaan media kartu Talk Or Dare, dan kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan media tersebut. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis dengan Mann-Whitney U-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest pada kelas kontrol adalah 28,00, sedangkan pada kelas eksperimen adalah 77,00. Selisih nilai antara kelas kontrol dan eksperimen menunjukkan adanya peningkatan nilai setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen. Hasil uji hipotesis dengan Mann-Whitney U-Test menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh adalah 0,001 ≤ 0,05, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam penggunaan media kartu Talk Or Dare.
