| dc.description.abstract | Diperlukan variasi media dalam mempelajari KEMAMPUAN KOGNITIF berbahasa untuk meningkatkan minat belajar santri putri. Dengan adanya media yang menarik, maka santriwatiakan lebih bersemangat dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan dan mendeskripsikan produk media animasi pembelajaran bahasa Arab, (2) mendeskripsikan kelayakan produk sebagai media pembelajaran bahasa arab. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini mengacu pada model pengembangan Research and Development (R&D) Borg and Gall yang telah dimodifikasi Sugiyono. Dalam hal ini peneliti menyederhanakan model Research and Development Sugiyono menjadi beberapa langkah: (1) analisis potensi dan masalah, (2) mendesain produk, (3) mengumpulkan materi, (4) membuat produk awal, (5) melakukan uji ahli, (6) merevisi produk, dan (7) melakukan uji lapangan. Data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil angket untuk ahli media, ahli materi, dan subjek penelitian. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data pengembangan media pembelajaran ini adalah instrumen berbentuk angket terstruktur dan penilaiannya menggunakan skala bertingkat. Sedangkan untuk mendapatkan data kualitatif pada tahap uji lapangan peneliti menggunakan metode observasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan : (1) penerapan media visual animasi, melibatkan peserta didik asrama bahasa arab, kemudian Ustadz atau Ustadzah memulai membaca doa pada saat memasuki pembelajaran dan memutar media visual animasi untuk sesi belajar-mengajar dan tidak lepas dari pantauan ustadzah jika ada peserta didik yang tidak paham dengan maksud dari penyampaian dari media visual animasi berupa kosa kata atau tata cara bicara. (2) Efektifitas pengembangan media visual animasi dalam menghafal mufrodat dan muhawarah di asrama bahasa arab pondok pesantren salafiyah syafiiyah asyhariyah Curahlele Jember. Untuk mempermudah hafalan dan bicara dengan pelaksanaan, perencanaan, evaluasi dari hasil kedua tahap tersebut | en_US |