| dc.description.abstract | Media pembelajaran bahasa arab berbasis puzzle mufrodat adalah media pembelajaran yang berbentuk persegi panjang dengan kepingan-kepingan berbentuk kotak-kotak kecil berisikan mufrodat bahasa arab dan bahasa Indonesia yang berkaitan dengan materi tentang alwan. Tujuan dilakukannya pengembangan media pembelajaran ini adalah untuk mengetahui bagaimana disain pengembangan media pembelajaran bahasa arab berbasis puzzle mufodat dan bagaimana tingkat keefektifan dari media ini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model 4-D yang telah di modifikasi oleh S. Thiagarajan. Model pengembangan ini yaitu model 4-D terdiri dari empat tahapan yaitu: Difine, Design, Develop, dan yang terahir adalah Dessimanate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Mts Al-Asma’ul Husna Nahdlatul Wathan Tanak Beak Barat NTB Tahun pelajaran 2023/2024. Adapaun intsrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi dan media untuk menguji kevalidan, lembar angket respon siswa untuk menguji kepraktisan dan lembar tes hasil belajar siswa untuk menguji keefektifan. Berdasarkan data hasil uji kevalidan yang dilakukan oleh para ahli terhadap media pembelajaran yang telah direvisi termasuk berada pada kategori valid dengan nilai rata-rata dari ahli media adalah 3,3 dan nilai rata-rata dari ahli materi 3,2. Untuk hasil dari uji kepraktisan terhadap media yang telah dikembangkan adalah 3,3 yang menunjukkan arti positif. Sedangkan hasil dari penilaian hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata 77,7, jumlah siswa yang berada pada kategori tuntas pada proses pembelajaran adalah sebanyak 30 orang atau 85% dan siswa yang tidak tuntas adalah sebayak 5 orang atau 15%, hal ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi syarat untuk dikatakan valid, praktis, dan efektif, dengan demikian media puzzle mufrodat yang telah dikembangkan bisa digunakan dalam proses pembelajaran. | en_US |