Pembuatan Media Pembelajaran Papan Tali untuk Meningkatkan Kemampuan Mufrodat Siswa Kelas VII MTs Al Ma’arif Manba’ul Ulum Kabul Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2023/2024
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa pada mata pelajaran bahasa arab karena merupakan mata pelajaran yang kurang diminati siswa, materi yang penuh dengan hafalan mufrodat dan kurangnya media pembelajaran yang menunjang dalam proses pembelajaran, sehingga banyak dari siswa yang tidak tertarik dengan mata pelajaran bahasa arab, tidak semangat serta kurang dalam memperhatikan guru ketika pelajaran berlangsung. Melalui pembuatan media pembelajaran papan tali diharapkan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1). Bagaimana prosedur pembuatan media pembelajaran papan tali untuk meningkatkan kemampuan mufrodat siswa kelas VII MTs Al Ma’arif Manba’ul Ulum. 2). Bagaiman efektifitas penggunaan media pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media papan tali kepada para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pembuatan media pembelajaran papan tali pada siswa kelas VII MTs Al Ma’arif Manba’ul Ulum dan untuk mengtahui efektifitas penggunaan media pembelajaran papan tali dalam meningkatkan berbicara bahasa Arab pada siswa kelas VII MTs Al Ma’arif Manba’ul Ulum. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model Borg and Gall. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan Observasi, Wawancara, Angket dan Tes. Hasil dari penelitian ini adalah : Media tersebut memiliki keefektifan dan kemenarikan berdasarkan hasil penilaian siswa setelah menggunakan media papan tali dalam proses kegiatan belajar dikelas, hal ini dapat dilihat dari hasil Uji t skala kecil dengan hasil pretest-posttest (84.17 > 56.67) sedangkan hasil Uji t skala besar dengan nilai posttest lebih tinggi dibanding pretest (91.00 > 56.00).
