Pengembangan Buku Ajar Bahasa Arab Berbasis Percakapan untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII MTs Al-Ma’arif Mirqotussa’adah Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2023/2024
Abstract
Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas keterampilan berbicara bahasa arab adalah dengan melakukan inovasi terhadap buku ajar pegangan siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembagkan buku pembelajaran keterampilan berbicara berbasis percakapan untuk siswa MTs kelas VIII khususnya di lembaga madrasah MTs Al-Ma’arif Mirqotussa’adah. Penelitian ini mengikuti desain pengembangan dan penelitian (research and development) denagn model Borg dan Gall (1982), yang terdiri dari sepuluh komponen. Instrument penelitian yang digunakan adalah observasi wawancara, angket dan tes. Sedangkan analisis data yang digunakan berupa data kualitatif, kuantitatif dan eksperimen. Hasil penelitian ini berupa Buku Ajar Bahasa Arab Berbasis Percakapan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Sebelum dilakukan uji coba, produk ini melalui tahap validasi terlebih dahulu. Adapun hasil validasi ahli materi yaitu 92,5% dan ahli media yaitu 97,5%. Dari nilai tersebut menunjukkan tingkat kelayakan yang baik, sehingga pada uji skala kecil maupun besar menunjukkan hasilyang maksimal pula dengan perolehan nilai uji paired sampel test adalah 0,000 (sig < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan buku bahasa arab berbasis percakapan bagi keterampilan berbicara siswa kelas VIII MTs Al-Ma’arif Mirqotussa’adah. Hal ini dilihat berdasarkan ketentuan : Ho : jika sig > 0,05 maka tidak ada perbedaan pemahaman antara sebelum dan sesudah perlakuan. H1 : jika sig < 0,05 maka ada perbedaan pemahaman antara sebelum dan sesudah perlakuan.
