View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Buku Ajar Bahasa Arab Berbasis Percakapan untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII MTs Al-Ma’arif Mirqotussa’adah Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (5.041Mb)
    Date
    2024-08-26
    Author
    Nurhidayati, Luluk
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas keterampilan berbicara bahasa arab adalah dengan melakukan inovasi terhadap buku ajar pegangan siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembagkan buku pembelajaran keterampilan berbicara berbasis percakapan untuk siswa MTs kelas VIII khususnya di lembaga madrasah MTs Al-Ma’arif Mirqotussa’adah. Penelitian ini mengikuti desain pengembangan dan penelitian (research and development) denagn model Borg dan Gall (1982), yang terdiri dari sepuluh komponen. Instrument penelitian yang digunakan adalah observasi wawancara, angket dan tes. Sedangkan analisis data yang digunakan berupa data kualitatif, kuantitatif dan eksperimen. Hasil penelitian ini berupa Buku Ajar Bahasa Arab Berbasis Percakapan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Sebelum dilakukan uji coba, produk ini melalui tahap validasi terlebih dahulu. Adapun hasil validasi ahli materi yaitu 92,5% dan ahli media yaitu 97,5%. Dari nilai tersebut menunjukkan tingkat kelayakan yang baik, sehingga pada uji skala kecil maupun besar menunjukkan hasilyang maksimal pula dengan perolehan nilai uji paired sampel test adalah 0,000 (sig < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan buku bahasa arab berbasis percakapan bagi keterampilan berbicara siswa kelas VIII MTs Al-Ma’arif Mirqotussa’adah. Hal ini dilihat berdasarkan ketentuan : Ho : jika sig > 0,05 maka tidak ada perbedaan pemahaman antara sebelum dan sesudah perlakuan. H1 : jika sig < 0,05 maka ada perbedaan pemahaman antara sebelum dan sesudah perlakuan.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/194
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV