Analisis Penentuan Harga Jual Berdasarkan Metode Cost Plus Pricing di Toko Lutfiyah Jaya dan di Toko Kak Ros Badung Bali
Abstract
Keputusan untuk penentuan harga jual dan perhitungan harga pokok penjualan sangat penting dalam peningkatan sebuah usaha kecil karena selain mempengaruhi pendapatan laba yang ingin dicapai usaha kecil juga bisa mempengaruhi kelangsungan hidup. Penentuan harga jual untuk menentukan harga yang akan di tetapkan dalam penjualan yang akan di pasarkan. Penentuan harga jual harus mampu menutup biaya produk, biaya pemasaran dan biaya administrasi yang timbul, dan keuntungan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan dan fokus untuk mengetahui (1) Metode penentuan harga jual di toko Lutfiyah dan toko Kak Ros Badung Bali, (2) Analisis penentuan harga jual di Lutfiyah Jaya dan di toko Kak Ros Badung Bali berdasarkan metode cost plus pricing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan penelitian ini produsen diobjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan sinteraksi yang dimulai dari pemgumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan (1) Metode penentuan harga jual pada Toko Lutfiyah Jaya dan toko Kak Ros Badung Bali hanya dengan cara menambah 10% dari harga beli. (2) Analisi penentuan harga jual di toko Lutfiyah Jaya dan toko Kak Ros Badung Bali menunjukkan bahwa perhitungan harga pokok produksi perusahaan lebih rendah dibandingkan dengan perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode full costing dengan menghitung biaya yang sudah dan akan dikeluarkan perusahaan, kemudian ditambah dengan mark-up laba. Sedangkan dengan menggunakan metode cost plus pricing dengan mark-up, harga jual menjadi lebih besar dibandingkan menurut perusahaan.
