| dc.description.abstract | Perkembangan dunia yang berkembang semakin pesat, mengakibatkan persaingan di berbagai bidang kehidupan, sehingga membutuhkan SDM yang bekulaitas tinggi terutama dalam bidang pendidikan Karena bidang pendidikanlah yang memiliki peran terbesar terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia. agar kita mampu bersaing mengikuti perkembangan di era globalisasi dengan sumber daya manusia yang berkulaitas melalui bidang pendidikan. Prestasi belajar merupakan salah satu alat ukur dalam tingkat keberhasilan seorang siswa dalam kegiatan proses belajar mengajar yang diikuti oleh seorang murid didalam ruang lingkup sekolah. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar ialah peer support. Peer support atau dukungan teman sebaya merupakan salah satu bentuk dukungan sosial yang dilakukan oleh seseorang untuk membuat seseorang menjadi lebih baik dan menjadi suatu pribadi yang diinginkan. Pada masa remaja peer support sangat dibutuhkan baik dalam lingkungan sekolah maupun diluar sekolah, peer support dapat ditunjukkan dengan memberikan perhatian, penghargaan, dan bersedia mendengarkan keluh kesah orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara peer support dengan prestasi belajar pada remaja awal di MTs Darussalam Kalipuro Banyuwangi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara peer support dengan prestasi belajar pada remaja awal. Artinya semakin tinggi peer support yang dimiliki siswa maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa di MTs Darussalam Kalipuro. | en_US |