| dc.description.abstract | Menjadi perhatian dan kegelisahan bersama melihat para kader generasi bangsa yang saat ini mulai luntur perhatiannya kepada bangsa, sedangkan para orang tua terlalu sibuk dengan pekerjaan mereka, sehingga mereka lalai dalam memperhatikan perkembangan anak mereka di dunia pendidikan. Dimana dukungan orang tua termasuk salah satu faktor terbesar dalam mendukung dan membentuk motivasi belajar seorang anak. Mengetahui makna dukungan orang tua adalah sebagai pendidik pertama dan yang bertanggung jawab penuh dalam mendampingi, membina, memberikan kasih sayang serta menyediakan fasilitas pendidikan anak-anak mereka. Tujuan dilakukannya penelitian ini yakni ingin menguji secara statistik dukungan orang tua sebagai prediktor motivasi belajar anak di kabupaten Situbondo, menggunakan metode kuantitatif dan desain penelitian korelasional, dengan alat ukur berupa skala dukungan orang tua dengan nilai reabilitas sebesar 0.870 dan motivasi belajar dengan nilai reabilitas sebesar 0.828. Teknik pengambilan sampelnya yakni menggunakan taknik total sampling (keseluruhan jumlah populasi), dengan jumlah sampel sebanyak 44 responden. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dukungan orang tua mampu menjelaskan variasi dari Motivasi belajar sebesar 0,446 atau 44,6%. Selain itu, Dukungan orang tua memiliki sumbangan efektif sebesar 0,446 atau 44,6% terhadap Motivasi belajar. Hasil uji korelasi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan yang ditunjukkan dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 yang artinya < 0,05. | en_US |