| dc.description.abstract | Metode Gerak Cantol dalam pembelajaran kaifa Tushalli pada kegiatan ekstrakurikuler SMP Plus Fityani Pujon Malang merupakan Metode yang memanfaatkan pendekatan dengan cara pengaplikasian secara bertahap di mana siswa saling berlatih dan mereview pemahaman mereka mengenai Kaifa Tushalli. Metode ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam memahami dan mempraktikkan materi ajaran secara efektif. Kaifa Tushalli merupakan materi sholat yang diambil dari terjemahan penggalan hadits untuk dijadikan tatacara dalam setiap melakukan gerakan sholat, dan disusun agar mudah dalam proses menghafal dan mengingat, saat mempraktekkan gerakan sholat dengan simbol-simbol sebagai cantolan materi. dengan menggunakan simbol gerakan isyarat yang merujuk pada Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI). Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan observasi langsung dan wawancara untuk mengevaluasi dampak metode Gerak Cantol terhadap keterampilan sosial dan spiritual siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa, memperdalam pemahaman mereka tentang adab dan etika, serta memperkuat keterampilan sosial melalui interaksi langsung. Dengan demikian, Gerak Cantol terbukti efektif dalam mendukung pembelajaran Kaifa Tushalli dan memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan karakter siswa di SMP Plus Fityani Pujon Malang. Kata Kunci: Gerak Cantol, Kaifa Tushalli | en_US |