Show simple item record

dc.contributor.authorAmien Anggraeni, Dewi
dc.date.accessioned2025-11-22T16:02:00Z
dc.date.available2025-11-22T16:02:00Z
dc.date.issued2024-08-24
dc.identifier.urihttp://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/58
dc.description.abstractLatar belakang penelitian ini berdasarkan pada problem yang biasa dialami oleh santri tahfidz Pondok Pesantren Salafiyah Syafi‟iyah Sukorejo. Problem tersebut adalah para santri lebih bersemangat menambah hafalan baru daripada menjaga hafalan. Karena padatnya aktivitas, para santri merasa kesulitan untuk membagi waktu. Oleh karena itu, untuk mempertahankan hafalan al-Qur‟an perlu diterapkannya suatu metode. Metode tersebut adalah metode muraja’ah. Metode tersebut dapat membantu santri untuk tetap semangat dalam menjaga hafalan al Qur‟an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan metode muraja’ah dalam proses long term memory hafalan Al-Qur‟an di Madrasatul Qur‟an Pondok Pesantren Salafiyah Syafi‟iyah Sukorejo. Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Kegiatan muraja’ah dilakukan setiap malam kecuali malam Selasa dan malam Jum‟at. Adanya takling setiap malam Selasa dan pra massal setiap malam Jum‟at 2) Setelah menerapkan kegiatan muraja’ah, takling dan pra massal mingguan maka hasilnya dapat dilihat dari hasil ujian massalnyaen_US
dc.publisherIbrahimy Libraryen_US
dc.subjectLong Term Memory, Metode Muraja’ah.en_US
dc.titlePenerapan Metode Muraja’ah Dalam Proses Long Term Memory (LTM) Hafalan Al-Qur’an di Madrasatul Qur’an Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondoen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record