Implementasi Model Kooperatif Learning Tipe Listening Team dalam Mengatasi Kesulitan Belajar di Kelas VII Pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 1 Banyuputih Situbondo Tahun Pelajaran 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Penerapan Model Cooperative Learning tipe listening team Pada Mata Pelajaran PAI Di SMPN 1 Banyuputih dan untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat guru PAI dan peserta didik dalam Pembelaran PAI Di SMPN 1 Banyuputih dalam penerapan Model cooperative learning tipe listening team. Penelitian ini merupakan penelitian deskrisptif kualitatif , Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek/informal adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa di SMPN 1 Banyuputih. Implementasi model cooperative learning tipe listening team di SMPN 1 Banyuputih dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian ini adalah Implementasi model cooperative learning tipe listening team pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Banyuputih sudah di terapkan dengan baik sesuai dengan Langkah-langkah kegiatan dan scenario pembelajaran yang telah direncanakan dalam modul ajar yang guru rancang. Model pembelajaran Cooperative learning tipe listening team mampu memberikan pemahaman lebih dalam terhadap proses pembelajaran peserta didik sehingga mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa faktor pendukung dalam implementasi model cooperative learning tipe listening team ini adalah Argumentasi yang baik, Kerjasama yang baik, Adanya kebiasaan menyimak argumentasi orang lain. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dalam implementasi model cooperative learning tipe listening team yaitu kurangnya minat siswa dalam mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam, faktor lingkungan yang tidak mendukung, kurangnya semangat siswa untuk belajar.
