View Item 
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Dissertations and Theses
    • Undergraduate Theses
    • Fakultas Tarbiyah
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Model Kooperatif Learning Tipe Listening Team dalam Mengatasi Kesulitan Belajar di Kelas VII Pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 1 Banyuputih Situbondo Tahun Pelajaran 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    Full Teks (2.036Mb)
    Date
    2024-08-27
    Author
    Ayu Hartono, Elmy
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Penerapan Model Cooperative Learning tipe listening team Pada Mata Pelajaran PAI Di SMPN 1 Banyuputih dan untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat guru PAI dan peserta didik dalam Pembelaran PAI Di SMPN 1 Banyuputih dalam penerapan Model cooperative learning tipe listening team. Penelitian ini merupakan penelitian deskrisptif kualitatif , Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek/informal adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa di SMPN 1 Banyuputih. Implementasi model cooperative learning tipe listening team di SMPN 1 Banyuputih dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian ini adalah Implementasi model cooperative learning tipe listening team pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Banyuputih sudah di terapkan dengan baik sesuai dengan Langkah-langkah kegiatan dan scenario pembelajaran yang telah direncanakan dalam modul ajar yang guru rancang. Model pembelajaran Cooperative learning tipe listening team mampu memberikan pemahaman lebih dalam terhadap proses pembelajaran peserta didik sehingga mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa faktor pendukung dalam implementasi model cooperative learning tipe listening team ini adalah Argumentasi yang baik, Kerjasama yang baik, Adanya kebiasaan menyimak argumentasi orang lain. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dalam implementasi model cooperative learning tipe listening team yaitu kurangnya minat siswa dalam mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam, faktor lingkungan yang tidak mendukung, kurangnya semangat siswa untuk belajar.
    URI
    http://repository.ibrahimy.ac.id/handle/123456789/60
    Collections
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Ibrahimy Library copyright © 2024 
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV