| dc.description.abstract | Disiplin merupakan kunci sukses bagi kegiatan siswa di sekolah, karena dengan disiplin maka setiap siswa akan menciptakan rasa nyaman serta aman belajar bagi dirinya sendiri, sekaligus bagi siswa lain yang berada di lingkungan sekolah. Disiplin tentu tidak akan muncul begitu saja pada diri siswa tanpa disadari dengan penegakan peraturan yang efektif oleh pihak guru sekolah. Dengan program sholat dhuha ini di harapkan dapat merubah perilaku siswa yang awalnya kurang disiplin dalam belajar menjadi lebih disiplin dalam belajar. Adapun penelitian ini memiliki dua fokus penelitian yang menjadi pembahasan pokok yang berjudul Pembiasaan shalat dhuha dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di MTs An-Najahiyyah Pakistaji, fokus penelitian yang pertama,Bagaimana pelaksanaan pembiasaan shalat dhuha di MTs An-Najahiyyah Pakistaji Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi. Kedua, Bagaimana membangun kedisiplinan belajar siswa di MTs An-Najahiyyah Pakistaji Kecamatan Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru PAI serta siswa MTs An-Najahiyyah Pakistaji, kec.Kabat, Kab.Banyuwangi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan shalat dhuha benar-benar meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di MTs An-Najahiyyah Pakistaji kec.Kabat, kab.Banyuwangi. Adapun teknis pelaksanaan shalat dhuha ini di laksanakan secara Bersama-sama dan berjamaah. Adapun implikasinya ialah meningkatnya kedisiplinan belajar siswa dengan adanya program shalat dhuha dan berkurangnya Tingkat keterlambatan siswa di MTs An Najahiyyah Pakistaji kec.Kabat, kab.Banyuwangi. | en_US |